Pengertian Buzzer dan Cara Kerjanya di Media Sosial

Buzzer sedang bekerja
Pengertian buzzer dalam media sosial adalah orang yang bertugas mempromosikan produk atau menyampaikan isu tertentu secara terus-menerus dengan maksud agar hal yang disampaikan menjadi viral dan diketahui oleh banyak orang. Secara bahasa buzzer artinya bel atau lonceng yang bertujuan ketika berbunyi dapat didengar banyak orang.

Menjadi buzzer sekarang ini menjadi profesi yang cukup menarik bagi mereka yang terkenal di media sosial. Bermodalkan banyak pengikut di dunia maya para buzzer mempunyai daya magnet sebagai sarana promosi semisal film atau memperkenalkan tokoh politik dan menaikan citranya kepada masyarakat luas.

Cara Menjadi Buzzer


Menjadi buzzer tidaklah mudah selain harus memiliki puluhan ribu atau ratusan ribu followers, para buzzer juga dituntut harus cerdas dalam mempromosikan isu atau produk di media sosial. Mereka juga dituntut dapat mengendalikan emosi ketika postinganya menuai komentar negatif atau bahkan siap-siap berhadapan dengan hukum apabila postingannya dinilai melanggar hukum.

Namun intinya anda dapat menjadi buzzer asalkan memiliki banyak pengikut di media sosial, tinggal cantumkan saja nomor yang bisa dihubungi dan mengiklarkan bahwa anda menerima promosi maka siapapun yang berminat akan menghubungi anda.

Perlu dicatat bahwa followers anda harus real bukan followers hasil beli, karena setelah anda bekerja maka data statistik anda bisa saja diminta oleh orang yang memesan jasa anda sebagai bentuk tanggung jawab. Jika followers anda adalah robot bukan akun real maka pemesan jasa anda bisa saja kecewa.

Cara Kerja Buzzer


Setelah mendapatkan pesanan berupa produk atau isu yang akan dikampanyekan maka langkah selanjutnya yang akan dikerjakan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Audiens


Sangat penting menentukan audiens atau pemirsa sebelum mengangkat suatu produk atau isu. Jika anda melakukan asal-asalan maka dapat dipastikan hal yang anda lakukan akan sia-sia. Misalkan anda mempunyai banyak akun dengan audiens yang berbeda-beda, anda tidak mungkin mengangkat isu A pada audiens B begitu pula sebaliknya. Ibarat kata anda tidak mungkin membahas isu politik kepada audiens anak-anak atau mempromosikan pinjaman uang berbunga kepada audiens yang agamis.

2. Menaikan Produk atau Isu


Setelah anda tahu audiens anda seperti apa, langkah berikutnya adalah menaikan produk lewat branding. Apa yang mau dijual, keunggulan dibandingkan produk yang lain apa, bagaimana cara memesannya dan berapa harganya. Gunakan informasi dasar tentang audiens anda sebagai dasar anda mengangkat suatu produk. Misalkan game berbayar tentu sasarannya anak muda yang sudah bekerja atau minimal anak sekolahan yang mempunyai uang saku, jangan malah orang tua yang mempunyai stigma negatif tentang game.

Jika ingin mengangkat isu anda harus tahu betul isu apa yang ingin anda angkat. Misalkan tentang menaikan citra partai politik maka anda harus memahami perbandingan partai yang ingin anda angkat citranya dengan partai yang lain. Misalkan keunggulannya apa, perbedaan dengan partai lain apa dan kenapa harus memilih partai tersebut.

3. Memonitor


Langkah terakhir adalah memonitor perkembangan yang ada, hal ini penting karena berkaitan tentang data yang akan anda serahkan sebagai bentuk pertanggung jawaban bila pemesan jasa anda menginginkannya. Selama memonitor anda juga tidak boleh lepas tangan begitu saja, bisa saja ada orang yang ingin merusak atau menganggu postingan anda maka langkah anda adalah melakukan tindakan seperti membalas, memperingatkan atau memblockirnya jika dirasa sudah cukup mengganggu.

Kesimpulan

Menjadi Buzzer tidaklah mudah karena harus paham tentang audiens tidak hanya bermodal followers yang banyak. Selain itu Buzzer juga harus cerdas membaca situasi dan pandai membangun narasi dan yang tak kalah penting adalah pemahaman mengenai hukum yang berlaku agar tidak terkena atau meminimalisir segala konsekuensi hukum yang bisa terjadi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Buzzer dan Cara Kerjanya di Media Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel